komputer aplikasi ( tab view )



TAB VIEW
Tab view merupakan menu yang berfungsi untuk menampilkan worksheet,tab view juga biasa digunakan untuk mengubah tampilan dokumen atau berkas yang tersedia dalam menu-menu view. Didalam menu view juga terdapat tombol-tombol untuk mengatur tampilan dari aplikasi,juga mengatur tampilan jendela-jendela dokumen.
Didalam menu view terdapat 5 pembagian menu.
Adapun menu dari tab view sebagai berikut;
1 (gambar 1.1)
    menu ini disebut dengan submenu view
Yang terdiri dari 5 menu
Ø  DEFINISI READ MODE
Read mode adalah icon yang terdapat pada tab view,atau juga aplikasi yang digunakan untuk melihat tampilan dokumen/berkas.
Read mode berfungsi sebagai membaca dokumen seperti kita membaca buku, atapun membaca lembar kerja kita pada word.
contohnya. Kita telah membuat dokumen pada word atau seperti tampilan gambar berikut
Icon ini akan membuka dokumen yang telah kita buat.
        Langkah-langkah penggunaannya:
§  Klik menu view pada jendela dokumen
§  Pilih menu read more
§  Kemudian dokumen otomatis akan terbuka,dan kita dapat mengedit dokumen kita kembali



Ø  DEFINISI PRINT LAYOUT
Print Layout adalah icon yang terdapat pada menu tab view yang berartikan keadaan berkas yang akan dicetak.Print layout berfungsi sebagai melihat berkas atau dokumen sebelum kita cetak atau print.contohnya ketika ingin print atau mencetak dokumen, kita ingin melihat document terlebih dahulu dengan agar hasil sesuai dengan yang kita ingin kan.
perhatikan gambar berikut:
              
Nah hasilnya akan seperti ini,kita dapat mengedit lagi atau memperbaiki jika tidak ada yang sesuai.
        Langkah-langkah penggunaannya:
§  Klik menu view pada jendela dokumen
§  Pilih menu print Layout dan klik
§  Kemudian jendela akan menampilkan dokumen atau berkas yang akan kita print/cetak. Namun kita dapat mengedit kembali dokumen tersebut.




Ø  DEFINISI WEB LAYOUT
Web Layout adalah icon yang terdapt pada tab view yang diartikan tampilah dokumen/berkas sebelum dicetak.Web layout berfungsi sebagai merubah tampilan dokumen atau berkas kita menjadi tampilan seperti tampilan web. Contoh seperti gambar berikut:
Telihat berbeda dengan tampilan biasa.
        Langkah-langkah Penggunaannya:
§  Klik menu view pada jendela dokumen
§  Pilih menu web layout dan klik
§  Dokumen akan berubah tampilan sesuai tampilan web


Ø  DEFINISI OUTLINE
OUTLINE adalah dalam arti bahasa inggris adalah garis besar. Icon yang terdapat pada tab view ini akan memperlihatkan garis besar pada dokumen yang kita buat.Outlineberfungsi sebagai melihat hasil kerja sesuai urutan.
Contohnya perhatikan gambar berikut:
Hasilnya akan berurut sesuai dengan apa yang kita bat pada berkas/dokumen
        Langkah-langkah Penggunaannya:
§  Klik menu view pada jendela dokumen
§  Pilih ountline
§  Kemudian dokumen akan berubah sesuai dengan aplikasi tersebut

Ø  DEFINISI DRAFT
Draft adalah icon yang terdapat pada menu tab view yang dapat diartikan sebagai penyimpan atau juga disebut media penyimpanan atau lebih diartikan sesuatu yang kita buat di word akan tersimpan pada draft.Draft berfungsi sebagai melihat hasil kerja sesuai konsep
Draft juga biasa disebut berkas yang disimpan. Contohnya perhatikan gambar berikut:
Hasilnya sama, dan tidak jauh beda dengan ountline. Intinya menu ini berfungsi untuk melihat dokumen yang baru kita kerjakan.
        Langkah-langkah Penggunaannya:
§  Klik menu view pada jendela dokumen     
§  Pilih/klik menu draft
§  Kemudian jendela akan menampilkan berkas/dokumen yang aktif pada word 2016


2 (gambar 1.2)
.   menu ini disebut dengan submenu show
Yang terdiri dari 3 menu
Ø  DEFINISI RULER
Ruler adalah dalam arti bahasa inggris merupakan penggaris. Dan dalam menu tab view, ruler ini digunakan untuk mengukur,memberi jarak,ataupun letak kata,kalimat,simbol pada dokumen.Ruler berfungsi sebagai menampilkan penggaris disamping & diatas dokumen kita.
Perhatikan gambar berikut:
            
Yang diberi tanda merah itulah yang disebut ruler atau garis. Fungsinya juga untuk mengatu jarak paragraph.
                Langkah-langkah Pernggunaanya:
§  Klik menu view pada jendela dokumen
§  Pilih/klik menu ruler
§  Kemudian dokumen akan menampilkan ruler

Ø  DEFINISI GRIDLINE
Gridline adalah dapat diartikan garis kotak-kotak. Gridline dapat menentukan kerapian kalimat yang kita buat di word ini.Gridlines berfungsi sebagai menampilkan garis kisi. Perhatikan gambar berikut:
    
Ketika kita mengklik menu gridlines dokumen pada berkas akan berubah seperti gambar diatas.
                Langkah-langkah penggunaanya:
§  Klik menu view pada jendela dokumen
§  Pilih/klik menu gridlines
§  Kemudian dokumen akan menampilkan menu gridlines
                           


Ø  DEFINISI NAVIGATION PANE
Navigation pane adalah media atau icon yagn terdapat pada tab view, biasa digunakan untuk menentukan headings pada dokumen.Navigation pane berfungsi sebagai pemandu pada dokumen kita
Berfungsi juga untuk mengetahui berapa page yang tersedia halaman dan sebagainya.
               

Langkah-langkah Penggunaanya:
·         Klik menu view pada jendela dokumen
·         Pilih/klik menu navigation pane
·         Kemudian dokumen pada jendela akan menampilkan navigation pane.

3 (gambar 1.3)
 menu ini disebut dengan submenu zoom
Yang terdiri dari 5 menu
Ø  DEFINISI ZOOM
ZOOM adalah biasa disebut aplikasi yang digunakan utuk memperbesar dokumen.zoom ini sangat dibutuhkan, agar kita lebih teliti dalam melihat kata/kalimat pada dokumen yang kita buat.ZOOM berfungsi sebagai memperbesar dan memperkecil halaman sesuai keinginan kita.
Perhatikan gambar berikut:
Gambar tersebut untuk mengatur berapa persen besar dokumen untuk ditampilkan, bias untuk memperbesar ataupun memperkecil.
        Langkah-langkah penggunaanya:
§  Klik menu  view pada jendela dokumen
§  Pilih/klik menu ZOOM
§  Kemudian akan tampil pilihan yang akan menentukan berapa persen dokumen yang akan kita zoom

Ø  ZOOM 100% berfungsi sebagai memperbesar dokumen 100%
Perhatikan gambar berikut:
Terlihat tidak berubah tetapi, bias kita sesuaikan.icon ini lebih terlihat jika kita awalnya merubah persen tampilan dokumen.
        Langkah-langkah penggunaanya:
§  Klik menu view pada jendela dokumen
§  Pilih menu 100%
§  Kemudian ukuran hurup pada dokumen akan membesar 100%

Ø  DEFINISI ONE PAGE
One Page adalah dapat diartikan satu halaman.One Page berfungsi sebagai agar kita dapat melihat satu halaman penuh dengan memperkecil halaman. Perhatikan gambar berikut:
Tidak terlihat berbeda jauh,hanya rules nya lebih kecil.
        Langkah-langkah penggunaanya:
§  Klik menu view pada jendela dokumen
§  Pilih/klik menu one page
§  Kemudian tampilah dokumen akan berubah


Ø  DEFINISI MULTIPLE PAGES
Multiple pages adalah page atau halaman lebih dari dua.Multiple Pages berfungsi sebagai agar kita bisa melihat beberapa halaman dokumen dalam satu layar. Perhatikan gambar berikut :
Icon ini memudahkan kita untuk melihat page dokumen dalan satu layar.
        Langkah-langkah penggunaannya:
§  Klik menu view pada jendela dokumen
§  Pilih/klik menu multiple pages
§  Kemudia dokumen akan menampilkan multiplepages
              

Ø  DEFINISI PAGE WIDHT
Page Widht adalah dapat diartikan lebar halaman,namun pada tab view ini page widht  digunakan untuk melebarkan halaman saja.Page Widht berfungsi sebagai melebarkan dokumen sesuai dengan layar. Perhatikan gambar berikut :

Ketika kita mengetik icon tersebut. Dokumen yang awalnya terlihat 2 page dalam satu layar kini menjadi  1 layar penuh.
                Langkah-langkah penggunaanya:
§  Klik menu view pada jendela dokumen
§  Pilih/klik menu page widht
§  Kemudian tampilah dokumen akan berubah

4  (gambar 1.4)
 menu ini disebut dengan submenu window. Terbagi pada 7 menu
Ø  DEFINISI NEW WINDOW
New window adalah dapat diartikan jendela baru.New Window berfungsi sebagai membuka jendela baru sehingga kita bisa mengerjakan 2 dokumen sekaligus. Perhatikan gambar berikut:
Icon ini berbeda dengan fungsi CTRL+N, karena ketika kita mgklik icon ini, akan terbuka jendela baru dengan hasil dokumen yang sama.
        Langkah-langkah penggunaanya:
§  Klik menu view pada jendela dokumen
§  Pilih/klik menu new window
§  Kemudian wordakan membuka jendela baru dengan dokumen yang sama


Ø  DEFINISI ARRANGE ALL
Arrange All adalah dapat diartikan mengatur semuanya. Dalam menu tab view ini, arrange all ini kita dapat mengatur 2  dokumen dalam satu layar. Arrange All berfungsi sebagai mengatur jendela program agar bisa melihat dokumen lain. Perhatikan gambar berikut :
Atau bisa berfungsi melihat jendela dokumen dalam satu layar secara horizontal.
        Langkah-langkah penggunaanya:
§  Klik menu view pada jendela dokumen
§  Pilih/klik menu arrange all
§  Kemudian jendela dokumen akan menampilkan arrange all


Ø  DEFINISI SPLIT
Split adalah dapat diartikan membagi, dalam dokumen ini. Split dapat digunakan membagi 2 dari satu dokumen untuk membuat perbedaan pada dokumen.Split berfungsi sebagai membagi jendela menjadi beberapa panel yg memperlihat lembar kerja anda. Perhatikan gambar berikut :
              
        Langkah-langkah penggunaanya:
§  Klik menu view pada jendela dokumen
§  Pilih/klik menu split
§  Kemudian jendela dokumen akan menampilkan split
Ø  DEFINISI VIEW SIDE BY SIDE
View side by side adalah dapat diartikan melihat secara berdampingan.View side by side berfungsi sebagai melihat jendela dengan berdampingan. 
Perhatikan gambar berikut :
              
Atau berfungsi menampilkan jendela dokumen secara berdampingan.
        Langkah-langkah Penggunaanya:
·         Klik menu view pada jendela dokumen
·         Klik/pilih menu view side by side
·         Kemudian jendela dokumen akan menampilakan view side by side


Ø  DEFINISI Synchronous Scrolling
Synchronous Scrolling Adalah dapat diartikan sinkron. Juga digunakan untuk menyinkronkan beberapa dokumen pada word yang aktif atau yang sedang kita kerjakan.Synchronous Scrolling berfungsi sebagai menggeser lembar kerja beberapa dokumen ke atas/bawah dalam 1 waktu.  Perhatikan gambar berikut :

        Langkah-langkah penggunaannya:
§  Klik menu view pada jendela dokumen
§  Pilih/klik menu Synchronous Scrolling
§  Kemudian tampilan jendela akan berubah

Ø  Reset Window Position berfungsi sebagai mengatur ulang posisi kedua jendela.
Perhatikan gambar berikut :
        Langkah-langkah penggunaanya:
·         Klik menu view pada jendela dokumen
·         Pilih/klik menu reset window
·         Kemudian word akan menampilkan window


Ø  DEFINISI SWITCH WINDOW
Switch Window adalah dapat diartikan beralih jendela. Dalam tab view, menu ini  digunakan untuk beralih kedokumen yang sedang aktif di wordsheet.Switch window berfungsi sebagai memindahkan kejendela yang aktif.
Perhatikan gambar berikut:



 



                                             
Ketika kita mengklik menu terserbut otomatis dokumen akan berpindah kejendela dokumen yang aktif.
        Langkah-langkah Penggunaanya:
§  Klik menu view pada jendela dokumen
§  Pilih/klik menu switch window
§  Kemudian jendela dokumen akan menampilkan swirch window


5 (gambar 1.5)
 menu ini disebut dengan macros.  Berfungsi sebagai mengaktifkan/merpelihatkan dokumen makro.perhatikan gambar berikut:
                            
                Ketika kita menjalankan atau mengklik menu tersebut,otomatis kalimat pada dokumenakan         seperti gambar tersebut.sama halnya merecord atau merekam kata/kalimat.
                                Langkah-langkah penggunaanya:
§  Klik menu view pada jendela dokumen
§  Klik/pilih menu macros
§  Kemudian jendela dokumen akan menampilkan macros
                            




STUDI KASUS
SOAL
Buatlah dokumen tentang apa saja dengan tampilan gridlines,  multiple pages dan dalam tampilan web layout!
1.       Klik menu view pada jendela dokumen

2.       Pilih menu grid lines                                  

3.       Kemudian dokumen akan menampilkan perintah gridlines.

4.       Kemudian untuk tampilian multiplepages, klik menu mutliplepage dalam submenu zoom
        
5.       Kemudian jendela akan menampilkan dokumen dalam bentuk multi
6.       Kemudian untuk menampilkan dalam bentuk web layout, pilih menu web layout yang terdapat pada submenu view
Previous
Next Post »